Rental Mobil Jogja - Sewa Mobil Jogja - Paket Wisata Yogyakarta

Rental Mobil JogjaSewa Mobil JogjaPaket Wisata Yogyakarta

Goa Kiskendo terletak di desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakara.

Sejarah :

Dari bentuk serta keadaannya sangat serupa dengan apa yang yang tersirat dalam legenda dalam legenda Istana Goa Kiskendo (yang merupakan fragmen dari cerita Ramayana), tempat tinggal Raksasa Mahesasura yang berkepala kerbau dan Lembusura yang berkepala sapi.Dalam kisah pewayangan, di tempat ini terjadi pertempuran antara Subali Sugriwa dengan Mahesasura dan patih Lembusura yang menghuni goa ini.Di samping itu keadaan-keadaan geologis dari goa-goa yang ada di daerah berbatu kapur,Di dalam goa Kiskendo ini terdapat banyak stalaktit dan stalagmit yang aneh namun indah bentuknya.Di dalam goa ini mengalir sungai di bawah tanah yang dalam cerita pewayangan, dan dalam pertempuran antara Subali; Sugriwa dan Mahesasura ; Lembusura, mengalirkan air berwarna merah dan putih.

Keistimewaan :

Taman wisata ini terletak 35 kilometer di sebelah Barat kota Yogyakarta, di pegunungan Menoreh. Taman Wisata ini terdiri dari Goa Kiskendo, Goa Sumitro dan Watu Blencong . Merupakan goa alam di pegunungan Menoreh yang terletak 1200 m di atas permukaan laut yang berhawa sejuk.

Akses :

Untuk mengakses menuju Goa Kiskendo, anda dapat menggunakan rute dari arah Wates, Yogyakarta, dan Purworejo.

Dari Wates terdapat dua jalur, lewat waduk Sermo dan Clereng. Bila lewat Sermo, anda naik dari RSUD Wates ke arah Sermo, terus mengikutu jalan ditepi waduk, setelah jembatan ke-2 anda ambil kanan, jalan menanjak dan berliku. Ditengah perjalanan anda dapat mampir sejenak di bukit dimana anda dapat melihat view pemandangan waduk Sermo dari atas.
Sesampainya di atas anda akan menjumpai pertigaan bila ke kiri arah Purworelo, kanan arah Samigaluh. Ambil arah samigaluh turun sedikit -/+ 100m anda sudah sampai.

Dari arah Yogyakarta, anda ambil jalan menuju Wates, Sampai pertigaan Ngeplang anda belok kanan arah Nanggulan. Sampai pertigaan bila ke kanan arah Suroloyo, anda lurus saja.
Jalan menanjak dan berliku.

Pin It on Pinterest